Sabtu, 03 Oktober 2015

PSIKOLOGI MANAJEMEN

kali ini saya akan membahas tentang psikologi manajemen. apa sih psikologi manajemen itu ? lalu apa kaitannya manajemen dengan psikologi?
jadi, Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. 

menurut Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. Organisasi (industri) dapat di pandang sebagai suatu sistem terbuka.
karena ilmu psikologi mempelajari manusia mampu mengintervensi berbaga i faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang tinggi untuk produktivitas perusahaan dan manusia merupakan SDM yang terpenting dari modal kerja perusahaan.
manajemen memeliki empat fungsi manajemen, yaitu :
1. Fungsi Perencanaan, Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat  untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
2. Fungsi Pengorganisasian, Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi
3. Fungsi Pengarahan dan Implementasi, Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
4. Fungsi Pengawasan dan Pengendalian, Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber Daya dalam manajemen terbagi menjadi lima hal, yaitu :
1. Sumber Daya Manusia, pekerja merupakan SDM dalam suatu perusahaan.
2. Sumber Daya Informasi, merupakan data informasi suatu perusahaan.
3. Sumber Daya Fisik, merupakan komponen yang berada dalam suatu perusahaan tersebut sepeprti kursi, meja, komputer, dll.
4. Sumber Daya Keungan, semua yang bersumber dari uang pada suatu perusahaan
5. Sumber Daya Alam, segala sesuatu yang berhubungan dengan alam yang bisa berguna bagi suatu perusahaan.
KOMUNIKASI
Komunikasi adalah proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lainnya.
Unsur komunikasi:
1. Adanya pengirim berita
2. Penerima berita
3. Berita yg dikirim :
    Fakta dan informasi
    Emosi
    Fakta yg bercampur emosi
4. Media pengiriman



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar