Kamis, 14 November 2013

MIE SEHAT


MIE SEHAT

Orang Indonesia  banyak yang menyukai mie  dengan alasan mudah untuk di dapat,mudah di buat  dan mengenyangkan.Mie di perkenalkan kepada orang Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an.asal usul mie masih menjadi perdebatan siapa yang pertama kali membuatnya Ada pula sebuah catatan tua yang merekam bahwa mie pertama kali dibuat saat jaman Dinasti Han di China tahun 25-200. Kemudian pada tahun 2005, ditemukan mie tertua yang berumur 4000 tahun di daratan China.Penemuan ini menjadi bukti bahwa penduduk China modern adalah yang pertama membuat mie. Namun, apakah teknologi pembuatannya diadopsi dari Timur Tengah atau tidak, masih terus menjadi perdebatan.Sampai saat ini mie tidak bisa menggantikan makanan penuh dan hanya bisa di jadikan makanan bantu sementara dan tidak boleh di konsumsi secara terus-menerus karena bisa merusak kesehatan yang di sebabkan oleh kandunga mie itu sendiri. Kesadaran untuk hidup sehat membuat orang mulai mencari makanan organik. Saat ini juga dikota-kota besar sudah mulai banyak dijumpai gerai-gerai organik yang menjual sayuran, ayam, telur dll yang dipelihara dengan metoda organik, suatu metoda yang menghindari penggunaan pestisida, pupuk kimia, antibiotik dan hormon penumbuh.Namun harga produk-produk organik masih dirasa mahal walaupun sebenarnya mahal itu relatif jika di bandingkan dengan biaya berobat.oleh karena itu para pembuat mie membuat sebuah inovasi “mie sehat”.







Mie sehat merupakan jenis mie yang menggunakan sayur-sayuran sebagai bahan pokok selain  tepung dengan penggunaan sayur-sayuran dalam pembuatannya para pecinta mie bisa merasakan hal yang baru dan mendapatkan kesehatan dari kandungan sayur-sayuran tersebut. Selain mie sehat yang terbuat dari bahan sayur-sayueran ada juga mie sehat yang berwarna hitam yang terbuat dari tinta cumi sehingga warnanya menjadi hitam. Mie sehat ini memang berbeda dengan mie pada umumnya, dalam pembuatannya tanpa menggunakan zat pewarna, pengenyal, dan pengawet. Zat pewarna yang digunakan berasal dari sayur-sayuran, seperti bayam, wortel,dan beet.mengkonsumsi sayur-sayuran terbukti bermanfaat bagi tubuh. Warna dari mie sehat pun bermacam-macam sesuai dengan sayuran yang kita inginkan ,misalnya untuk bayam akan menghasilkan warna hijau lalu untuk wortel akan menghasilkan warna jingga dan untuk beet akan menghasilkan warna ungu.warna-warna dalam mie sehat ini sama seperti sayuran yang di gunakan untuk bahan mie sehat itu sendiri.

kandungan dari beberapa sayur-sayuran yang terdapat dalam mie sehat adalah :

1.     1.  Bayam



Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan gizi dan dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia.bayam banyak terkandung vitamin,mineral,senyawa aktif,dan juga asam organic.beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi bayam :

·         Kandungan serat dalam bayam baik untuk system pencernaan terutama usus.

·         Kandunga protein dalam bayam dapt memperlambat perubahan peptide angiostensin I menjadi peptide angiostensin II.jika perbahannya terjadi dengan cepat akan menyebabkan prnyimpatan pembuluh darah.

·         Kandungan vitamin K dalam bayam berperan dalam proses pembekuan darah,sehingga dapat menekan pendarahan pada saat luka.

·         Kandungan flavonoid yang bersifat bersifat antioksidan dan memperlambat penuaan dini.

·         Kandungan vitamin  A,C,D,E,dan B dapat menjaga sejumlah imun dalam tubuh,sehingga dapat member sinyal kepada tubuh yang terkena infeksi.

·         Kandungan kalori yang rendah dan mempunyai nutrisi yang lengkap,menjadikan bayam cocok untuk menu diet.



2.      2. Wortel





Wortel adalah tumbuhan jenis umbi yang biasanya bewarna jingga dengan tekstur serupa kayu.bagian yang dapat dimakan dari wortel dalah bagian umbi atau akarnya.wortel merupakan tumbuhan yang menyimpan kandungan karbonhidrat dalam jumlah besar.wortel juga sangat berguna sebagai tumbuhan pendamping bagi petani ,jika wortel ditanam bersamaan dengan tomat dapat meningkatkan jumlah produksi  tomat.kandungan wortel mempunyai lebih dari 80 nutrisi,vitamin A,B kompleks,vitamin C, kalsium dan lain-lain.beberapa manfaat jika kita mnegkonsumsi wortel :

·         Wortel untuk kesehatan mata,dalam kandungannya wortel banyak memiliki vitamin A,vitamin ini sangat baik untuk mata

·         Menjaga daya tahan tubuh,kandungan dalam wortel juga bias meningkatkan imun tubuh dan juga wortel mempercepat proses penyembuhan peeradangan dan luka.

·         Wortel untuk menurunkan kadar kolestrol,dengan mengkonsumsi kurang lebih 200gr wortel yang masih mentah secara rutin setiap har,i kurang lebih hingga 3-4 minggu terbukti bisa menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh seseorang hingga 11% dikarenakan di dalam wortel terdapat kandungan senyawa calcium pectate berjenis seperti serat larut dalam wortel.

·         Wortel mampu membuat sehat kulit,dengan mengkonsumsi wortel kulit kita akan tamapak lebih sehat sehingga tidak kering dan kusam lagi.

·         Wortel untuk anti kanker, bagi seseorang yang memiliki betakaroten rendah di anjurkan untuk mengkonsumsi wortel karena tubuhnya sangat rentan terkena penyakit paru-paru.

·         Dapat mengatasi sembelit,wortel banyak mengandung serat di dalamnya sehingga dapat membantu anda mengatasi susah BAB, atau sembelit hingga 25 persen.



3.    3.  Beet





Beet merah merupakan sejenis sayuran yang sering disebut “umbi merah”. Sayur ini bebas lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Beet juga kaya akan folat yang baik untuk ibu hamil dan janinnya, karena asam folat berperan dalam pembentukan DNA pada proses erithropoesis.buah beet ini berasal dari Mesopotamia, lalu menyebar ke negara tetangga di daratan Asia maupun di Eropa, berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah bercampur ungu gelap. Daunnya sendiri bisa dimasak layaknya sayuran biasa. Dalam kandungannya buah beet banyak mengandung karbonhidrat dalam  bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak.selain itu juga di dalam beet terdapat kandungan asam float, serat, vitamin C, magnesium, triptofan,tembaga, fosfor, Caumarin Yang Berfungsi Untuk Mencegah Tumor,dan Betasianin Sebagai Pencegah Kanker.beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi beet :

·        - Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan pembuluh darah,para penderita hipertensi di anjurkan untuk mengkonsumsi beet karena kandungan nitrat di dalamnya dan juga bisa menurunkan tekanan darah dalam waktu 1 jam.

·         -Meningkatkan stamina, kandungan dari  nitratnya dapat  mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang.

·        - Mencegah anemia,di dalam beet terdapat kandungan zat besinya,zat besi inilah yang dapat mencegah anemia dalam tubuh kita dan dapat mengaktifkan kembali juga meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

·         -Pewarna makanan alami, Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.

mie sehat juga sudah di perkeenalkan dalam bentuk instan walaupun belum banyak pilihan rasa sayurannya mie sehat instan ini banyak yang menyukainya juga.meski begitu kandungan mie sehat instan kurang mendapatkan kesehatan di dalammnya karena miesehat instan terdapat kandungan zat-zat yang tidak menyehatkan untuk tubuh manusia.di dalam mie sehat instan kandungan nutrisinya yang kurang menyebabkan timbulnya kanker hal itu disebabkan oleh zat lilin sebagai campuran pembuatan mie instan yang berfungsi agar mie instan tidak lengket saat dimasak.mie instan  juga membuat kita lebih lapar di bandingkan dengan mengkonsumsi nasi karena sifat karbohidrat dalam mie berbeda dengan sifat yang terkandung di dalam nasi. Sebagian karbohidrat dalam nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan karbohidrat dalam mie instan sifatnya lebih sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, mie instan memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi.beberapa akibat yang di timbulkan dari mengkonsumsi mie instan :

·         Menghambat penyerapan nutrisi, mie instan akan mengahabat penyerapan nutrisi makanan  pada tubuh kita terutama pada anakanya di bawah umur 5 tahun.menghambat penyerapan nutirsi ini sangat berbahaya akibatnya anak bisa kekurangan gizi,menjadi kerdil,dan akan menghambat perkembangannya.

·         Kandungan MSG, di dalam mie instan kandungan monosodium glutamate cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan dan alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak.

·         Kandungan natrium,di dalam mie instan terdapat kandungan natrium yang dapat membahayakan konsumen menderita sakit hipertensi dan maag. kandungan natrium bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak untuk dapat mencerna makanan.dan akan berakibat kadar asam dalam lambung mengalami kenaikan kemudian akan terjadi pengkikisan pada dinding lambung.

Mie sehat baik di konsumsi oleh kita semua apa lagi kepada orang yang kurang menyukai sayur-sayuran. Pecinta mie bisa memakan sayur-sayuran dan mendapatkan manfaatnya tanpa harus memakannya dalam bentuk sayuran melainkan bentuk mie.akan tetapi jika kita mengkonsumsi mie sehat instan manfaat dari mie sehat hilang.mie sehat instan tidak di anjurkan untuk di konsumsi setiap hari karena mie sehat instan sama halnya dengan mie instan lainnya yang menggunakan zat-zat tertentu yang dapat mempertahankan mie instan dalam keadaan lama.mie sehat juga bisa kita nikmati di rumah tanpa harus membeli di luar.
Sama dengan halnya kita membuat mie pada umumnya mie sehat ini juga menggunakan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan telur dan garam. Bedanya, mie ini di beri bumbu bawang putih sebagai penyedap dan menggunakan sayur mayur sebagai pengganti pemberi rasa. Pertama-tama tepung terigu dimasukkan ke dalam mesin adonan kemudian beberapa butir telur serta zat pewarna yang berasal dari sari sayur dan garam secukupnya. Warna mie sendiri bergantung dari bahan sayur yang dimasukkan ke dalam adonan. Sayur yang diblender dan diambil sarinya itu akan menghasilkan warna sesuai dengan warna sayur.Setelah diolah dengan mesin adonan selama 15 menit, jadilah gumpalan-gumpalan. Gumpalan-gumpalan itu kemudian dimasukkan ke dalam mesin pencetak mie. Mie yang sudah jadi kemudian direbus dan ditiriskan hingga jadi setengah matang.Karena tanpa pengawet, mie ini tentu saja tak bisa bertahan lama, hanya bisa bertahan selama dua hari jika disimpan di dalam lemari es.mie sehat bisa di sajikan seperti mie ayam atau mie goreng pada umunya dengan menambahkan pelengkap seperti yang ada di dalam mie ayam pada umumnya.mie sehat ini bisa di jadikan makanan alternatif walaupun perannya tidak seperti nasi. Jadi, pilihlah makanan yang bermanfaat bagi tubuh agar badan kita menjadi sehat dan bugar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang penuh dengan rasa semangat.

 sumber :
www.nutrisijiwa.com/kandungan-gizi-sayur-bewarnamerah
www.anekakhasiat.blogspot.com
www.manfaatnya.com/manfaat-bayam-untuk-kesehatan/
www.manfaatdankandungan.blogspot.com
www.trik-tips-sehat.blogspot.com
ww.okefood.com
www.cendol-magazine.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar